Jenis-Jenis Obat Untuk Mengobati Depresi

Obat depresi atau antidepresan atau anti depresi adalah obat yang digunakan untuk membantu orang yang mengalami depresi. Sebagaian besar orang yang mengalami depresi, umumnya sembuh dengan menggunakan pengobatan dengan obat-obat depresi sesuai dengan resep dokter.

Sebagian besar obat antidepresan diyakini dapat bekerja maksimal dengan memperlambat pembuangan suatu zat-zat kimia di dalam otak. Zat kimia ini disebut dengan neurotransmitter. Neurotransmitter sangat dibutuhkan untuk fungsi normal otak. Antidepresan dapat membantu orang yang mengalami depresi dengan memperbanyak zat kimia alami yang tersedia di dalam otak.

Antidepresan umumnya diminum selama 4-6 bulan. Namun, beberapa obat antidepresan dikelompokkan berdasarkan zat kimia di otak yang dipengaruhinya.

Obat depresi digolongkan sebagai berikut :

1. Golongan penghambat pelepasan selektif serotonin

Citalopram, Fluoxetine, Paroxetine, Sertraline, Fluvoxamine Golongan obat depresi ini lebih sedikit efek sampingnya dibanding yang lain. Efek samping dari obat ini adalah mulut kering, mual, kecemasan, insomnia, masalah seksual dan sakit kepala.

Efek yang terjadi setelah 2 minggu pertama dengan melakukan pengobatan, mungkin akan bertambah sakit dan perasaan lebih cemas. Beberapa jenis obat mungkin dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan dan yang lebih fatal dapat mempengaruhi funsgi seksual.

2. Golongan Trisiklik

Amitriptyline, Imipramine, Nortriptyline, Clomitramine. Merupakan jenis obat depresi yang memiliki efek negatif seperti menyebabkan mulut terasa kering, tremor ringan (gemetar), kerja jantung menjadi lebih cepat, konstipasi, mengantuk, dan pertambahan berat badan.

Mereka yang usianya tua atau lansia mengalami depresi, jika menggunakan jenis obat tersebut akan menyebabkan kebingungan, gangguan berkemih, tekanan darah rendah beberapa orang mungkin akan mengalami pingsan atau koma tergantung dari daya tahan tubuh yang dimiliki.

Untuk beberapa penderita depresi yang memiliki masalah dengan penyakit jantung, disarankan tidak minum jenis obat dalam golongan obat antidepresan ini.

3. Golongan penghambat pelepasan Serotonin dan Norepineprin

Obat dalam golongan ini memiliki efek samping sama seperti golongan obat jenis penghambat pelepasan selektif serotonin, tetapi venlafaxinee tidak disarankan untuk penderita gangguan pada pemiliki penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki kadar garam yang tinggi di dalam darah. Jenis obat dalam golongan ini boleh dikonsumsi berdasarkan resep dokter dan dokter kejiwaan yang memiliki pengalaman.

4. Golongan penghambat pelepasan Norepineprin dan Dopamin

Golongan obat ini adalah bupropion. Namun sayangnya obat jenis ini belum tersedia di Indonesia.

5. Golongan kombinasi penghambat pelepasan dan reseptor blocker

Trazodone dan Nefazodone belum tersedia di Indonesia, tetapi Maprotiline dan Mirtazpine sudah tersedia.

6. Golongan penghambat Monoamin oksidase Moclobemide

Golongan ini sudah jarang diresepkan sekarang ini. Golongan ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang berbahaya jika anda makan makanan yang mengandung Tyramine. Jika anda setuju untuk minum obat golongan obat ini dokter anda akan memberikan daftar makanan yang harus dihindari.

7. Golongan Tetrasiklik
Amoxapine, Maprotiline

8. Golongan obat lainnya, seperti : Tianeptine, mempunyai struktur mirip trisiklik dan bekerja dengan meningkatkan pengambilan serotonin secara selektif.


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Depresi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!!
=====================================


This entry was posted in Obat Depresi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Jenis-Jenis Obat Untuk Mengobati Depresi

  1. marini says:

    stress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>